Enter your keyword

post

Moodle dan Pemanfaatan Untuk E-Learning

Moodle dan Pemanfaatan Untuk E-Learning

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep e-learning. MOODLE dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU.

Sejarah Moodle

Sejarah pengembangan Moodle sebenarnya sudah dimulai dari tahun 1970. Namun, baru dirilis secara resmi pada 2002. Martin Dougiamas adalah sosok di balik salah satu platform e-learning terbaik ini.

Platform ini bersifat open source dan bisa digunakan secara gratis. Dengan demikian, bisa menjadi solusi cara belajar mengajar yang murah tapi tetap efektif.

Tak heran, banyak sekolah, kampus dan lembaga pendidikan menggunakan Moodle, salah satu sekolah yang menggunakan platform moodle adalah SMK Pontren Darussalam yang bisa diakses melalui https://elearning.smkpontrendemak.sch.id/

Kelebihan Moodle

Banyak sekali keunggulan dari Learning Management System (LMS) Moodle yang menjadikannya platform pembelajaran yang banyak digunakan

  1. Open Source (Gratis)

    Kalian bisa mendownload Software LMS Moodle tanpa harus membayar lisensi / kode. Tidak berhenti disitu saja kelebihan LMS Moodle ini kalian juga bisa mengembangkan sendiri sesuai kondisi.

    Meskipun LMS Moodle ini bersifat free , jika kalian ingin membangun portal pembelajaran digital, anda Tetap harus mengeluarkan biaya. Untuk Membeli web hosting / VPS (Virtual Private Server sebagai wadah untuk menyimpan file dan database untuk kalian membuat materi.
  2. Moodle Mudah Untuk Digunakan

    Kalian bisa menggunakan LMS Moodle tanpa perlu mempelajarinya lama. Baik posisi kalian sebagai pengajar, administator, maupun siswa

    Kemudahan tersebut terdapat pada tiga hal berikut ini :
    a. Fitur drag-and-drop yang sangat memudahkan ketika membuat materi
    b. Antarmuka / display yang userfriendly sangat membantu memahami pengunaan moodle dengan cepat
    c. Dukungan Dokumentasi yang tersedia lengkap, yang didukung oleh tutorial baik visual maupun tulisan yang banyak dimuat oleh komunitas di moodle
  3. Dapat Memuat Jumlah Kelas Kecil – Besar (Fleksibel Sesuai Kebutuhan)

    Platform LMS Moodle mendukung semua skala kelas pembelajaran. dimulai dari kelas kecil yang hanya di isi oleh beberapa siswa, hingga portal pembelajaran untuk ratusan bahkan ribuan orang seperti di sekolah tinggi / universitas.

    LMS Moodle sangat dimungkinkan untuk siapa saja bisa membuat kelas pembelajaran sendiri. baik untuk kursus private, sekolah, bahkan perguruan tinggi , perlu diingat juga semakin besar jumlah siswa yang dienroll / dimasukkan ke moodle , maka semakin besar juga kapasitas penyimpanan Hosting / VPSnya.
  4. Keamanan Yang Dapat Diandalkan

    Kemanan LMS Moodle tidak perlu diragukan lagi. Update rutin yang dikeluarkan oleh Moodle dilakukan dengan tujuan untuk menjamin keamanan data. Baik dari kehilangan data materi pembelajaran, maupun pencegahan pencurian data pada saat mengakses sistem

    jika menggunakan LMS Moodle, kalian juga akan memegang kendali penuh atas keamanan LMS.
  5. Moodle Dapat Dikustomisasi

    Platform LMS Moodle diciptakan untuk bisa dirubah sesuai dengan keinginan. baik dari sisi tampilan maupun dari sisi administator, dari sisi tampilan misalkan , kalian dapat mengganti tema sesuai dengan kebutuhan.

    LMS Moodle juga menyediakan banyak tema yang bisa di unduh secara gratis, maupun berbayar, tidak hanya ditampilan saja. kalian juga bebas mengganti logo, header, dan footer sesuai dengan keinginan kalian yang bisa dicustom menjadi nama instansi atau lembaga kalian.
  6. Mendukung Plugin Untuk Mempermudah Aktivitas

    Secara umum moodle sudah dapat digunakan untuk membuat platform pembelajaran yang baik. Namun Untuk menambahkan fungsi khusus, platfrom LMS moodle juga menyedikan tambahan plugin yang temen2 bisa unduh disini.

    Tak kurang ada 1677 plugin tersedia di direktori moodle. Baik untuk Kebutuhan Manajemen Soal, Manajemen Administrasi, bahkan Komunikasi dan plugin lainnya.
  7. Tampilan Yang Mobile Friendly

    Pengembangan di LMS Moodle tidak ada henti – hentinya. salah satunya adalah menjadi platform Moodle ini menjadi platform yang mobile friendly. Hal tersebut dikatakan karena kemudahan dalam mengakses materi kapan saja dan dimana saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

    Sebagai sebuah platform web, peningkatan pada browser compability menjadikan tampilan materi terlihat sama meskipun diakses dari perangkat dan jenis browser yang berbeda.
  8. Moodle Mendukung Banyak Bahasa

    LMS Moodle dikembangkan dari komunitas yang aktif di seluruh dunia. Mereka yang banyak membantu dalam pengembangan LMS moodle. Salah Satu bentuk pengembangan tersebut adalah penambahan fitur penerjemahan platform ke berbagai bahasa.

    Walaupun bahasa indonesia belum didukung secara penuh, Moodle sudah mendukung banyak bahasa di dunia. Inilah yang menjadikan pengguna Moodle menjadi mudah dan penggunaan LMS Moodle semakin meningkat.

Kekurangan Moodle

Selain ada Kelebihan LMS Moodle juga mempunyai kekurangan diantaranya :

  1. Tidak Semua Browser Mensupport Tampilan Moodle

    Kekurangan LMS Moodle yang pertama adalah Moodle Tidak selalu mendukung terhadap web browser yang ada, sekalipun diperbaharui dengan cara men-download aplikasi MOODLE yang terbaru.

    Hal ini bisa terjadi karena tidak semua browser mensupport teknologi yang dipakai di dalam LMS Moodle
  2. Mengeluarkan Budget Untuk Server

    LMS Moodle memerlukan Server / Hosting yang mumpuni untuk melaksanakan tugasnya

Kesimpulan

Moodle adalah platform untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran online berbasis website. Untuk penggunaan dari platform ini bersifat open-source dan telah mendukung mobile friendly. sehingga cocok digunakan diberbagai perguruan tinggi bahkan sekolah.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.